Tips Pintar: Tips Memasak Ikan Kerapu Agar Khasiatnya Tak Hilang

Agar khasiat ikan kerapu tak hilang setelah diolah.

Ikan dengan motif tutul atau belang ini menjadi salah satu ikan air laut yang populer, karena mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang kaya. Tidak hanya rasanya, ikan kerapu juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh. Bagi para pengidap sakit jantung, ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung anti-oksidan. Selain itu, ikan kerapu juga baik untuk seseorang yang ingin menjaga postur tubuh atau sedang menjalani diet, alasannya karena daging ikan ini memiliki sumber protein hewani yang tinggi dan rendah kalori. Kandungan omega 3 pun sangat tinggi pada ikan kerapu. Oleh karenanya, orang-orang Asia Timur percaya bahwa makan ikan kerapu bisa memperpanjang umur karena benar-benar bisa menyehatkan tubuh.

Tetapi agar kandungan gizinya tak hilang dan bermanafaat untuk tubuh, cara pengolahannya pun harus tepat. Karena proses pengolahan yang salah justru berpotensi menghilangkan kandungan gizi dari ikan kerapu. Salah satu cara pengolahan ikan kerapu yang baik adalah dengan cara dikukus atau steam.

Terlebih dahulu ikan kerapu dibersihkan dari sisiknya sebelum dikukus. Untuk membersihkan ikan kerapu ada triknya agar mudah, yaitu menggunakan lap kering yang bersih ketika memegangnya atau bisa juga menggunakan sarung tangan berbahan kain. Itu dikarenakan, ikan kerapu biasa mengeluarkan cairan berlendir yang licin, selain itu ikan ini pun memiliki sirip tajam yang bisa melukai kulit. Dengan menggunakan lap, ikan kerapu tidak akan meluncur dari tangan karena licin.

Setelah proses pembersihan, ikan kerapu siap untuk dikukus. Karena ikan ini sudah memiliki rasa yang kaya dan khas. Kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak bumbu. Cukup ditambahkan dengan jahe, bawang bombai, dan bisa juga diberi sedikit kecap asin untuk memperkaya rasa. Untuk menambah aroma, kamu bisa menambahkan daun pandan atau ketumbar saat mengukusnya. Waktu pengukusan pun tidak perlu terlalu lama, 10 menit lebih dari cukup untuk mengukus ikan kerapu yang besarnya 100-120 gram.

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi