Tips Pintar Menjaga Imun Si Kecil di Era New Normal

Di era new normal ini, sebagian besar masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, agar terhindar dari paparan virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19. Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting pada masa pandemi corona. Tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Karena anak-anak memiliki resiko yang sama untuk terpapar virus corona.

Berikut mimin lansir dari klikdokter.com tentang beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak saat pandemi :

1. Penuhi kebutuhan nutrisinya
Pada bayi baru lahir, nutrisi yang tepat adalah pemberian ASI. Di dalam ASI terdapat sejumlah antibodi dan immunoglobulin A (IgA) yang berperan untuk melindungi tubuh, agar tidak mudah terpapar bakteri dan virus pembawa penyakit. Setelah anak berusia 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kamu perlu memberikannya MPASI yang sehat dan bergizi seimbang, yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

2. Istirahat yang cukup
Bayi membutuhkan tidur selama 18 jam. Kemudian saat usia balita, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah selama 12–13 jam. Di usia lima tahun ke atas, anak membutuhkan waktu tidur 10 jam sehari. Saat tidur, sel-sel tubuh yang rusak akan kembali beregenerasi menjadi sel-sel baru.

3. Ajarkan perilaku hidup bersih dan sehat
Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa di ajarkan kepada anak yaitu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Lakukan cuci tangan secara rutin sebelum makan, setelah keluar dari kamar mandi, dan setelah beraktivitas di luar rumah. Jika tidak ada sabun dan air mengalir, bisa menggunakan hand sanitizer.

4. Rutin makan sayur dan buah
Asupan sayur dan buah wajib dikonsumsi anak setiap hari. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jadi, masukkanlah sayur dan buah 2-3 porsi dalam menu makanan anak setiap harinya.

5. Konsumsi suplemen vitamin
Salah satu vitamin yang sudah terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah paparan COVID-19 adalah vitamin D. Agar tidak kekurangan vitamin D, berikan anak beragam makanan yang diperkaya vitamin D, seperti bayam, kubis, kacang kedelai, sarden, salmon, serta oatmeal dan sereal. Selain itu, bisa berupa suplemen vitamin yang bisa dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk anak-anak sesuai usianya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dirumah. Untuk belanja kebutuhan produk yang menjadi penunjang meningkatkan daya tahan tubuh bagi kamu dan keluarga, Yolers bisa dapatkan di Yogya Online. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

15 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

15 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi