Tips Pintar: Mengolah Daging Agar Empuk, Lunak, dan Tidak Alot

Memasak olahan daging adalah salat satu menu favorit kebanyakan orang. Selain tinggi protein, daging ternyata mengandung zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Memasak daging tantangannya adalah bagaimana cara membuat daging tidak alot ketika dikonsumsi? Simak yuk tips yang mimin dapat dari selerasa.com tentang bahan alami untuk membantu daging cepat empuk.

PEPAYA
Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain, dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengempukan daging. Cara mengempukan daging dengan pepaya sangat mudah, remas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Jika sudah, gunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci daging sampai bersih, tiriskan dan daging siap dioleh. Cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak. Selain daunnya, buahnya pun dipercaya efektif membuat daging empuk. Dimana buah pepaya muda bisa digunakan untuk direbus bersama dengan daging.

NANAS
Buah berwarna kuning ini mengandung enzim bromelin, yang mana cara kerja enzim tersebut sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim ini menghasilkan serat yang ada pada daging, sehingga dengan begitu daging akan menjadi lebih empuk dan lunak ketika diolah. Jika memasak daging sebanyak 1 kg, maka cukup gunakan parutan nanas sebanyak 250 gramyang telah didiamkan selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu cuci daging di bawah air mengalir sampai bersih, tiriskan dan siap diolah. Cara yang satu ini cocok untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis atau disayur.


PISANG
Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan di dalam kulit pisang ini mampu membantu mengurangi protein di dalam daging itu sendiri sehingga dengan begitu daging akan bisa lebih cepat empuk. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mampu membuat daging yang diolah tidak mudah kering.

KIWI
Kiwi juga ternyata mampu membantu mengempukan daging yang akan diolah. Buah kiwi mengandung enzim yang disebut dengan enzim actinidin. Remas-remas buah kiwi yang sudah disiapkan, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging. Untuk 1 kg daging, diperlukan 1 sampai 1 1/2 butir kiwi. Kemudian, diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membuat daging empuk tanpa menggunakan panci presto. Mudah dan sederhana sekali bukan? Untuk mendapatkan produknya. Yolers bisa langsung cek dibawah ini. Selamat mencoba!

 

Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi