Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

Cara merawat kulit bayi tidaklah sulit. Menjaga serta merawat kesehatan kulit bayi sangat penting dan sangat wajib dilakukan oleh setiap orang tua agar bayi tidak mudah terkena iritasi kulit. Kulit bayi sangat sensitif terhadap berbagai hal, misalnya paparan sinar matahari, polusi udara, dan hal lainnya yang membuat kulit bayi menjadi bermasalah. Kulit juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh, maka harus dijaga dengan baik dan benar agar kulit bayi tetap halus, lembut dan sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa Moms coba untuk merawat kulit bayi agar tetap sehat.

1. Pilih bahan pakaian yang lembut
Kulit bayi juga rentan mengalami ruam atau iritasi akibat biang keringat di lipatan kulit. Salah satu cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memilih pakaian bayi berbahan katun dan lembut. Pakaian berbahan katun mudah menyerap keringat dan aman dikenakan si kecil. Hindari memilih pakaian berbahan sintetis karena bersifat abrasif dan dapat menyebabkan reaksi alergi.


2. Ganti popok bayi secara berkala
Ruam dan infeksi kulit pada bayi dapat ditimbulkan dari penggunaan popok kotor yang lama tidak diganti atau ukuran popok yang terlalu ketat. Untuk mencegah hal ini, gantilah popok secara berkala dan pastikan untuk segera mengganti popok bayi jika sudah penuh. Selain itu, pemilihan popok yang menyerap dan lembut juga penting. Sebagian besar ruam mungkin bukan penyebab masalah serius. Tetapi jika ruam terus berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.


3. Cek suhu air yang digunakan bayi saat mandi
Pastikan temperatur air yang digunakan berkisar 37 - 38 derajat Celcius. Suhu air yang terlalu panas dapat membuat kulit bayi menjadi kering bahkan dapat menyebabkan luka bakar.


4. Pilih sabun mandi bayi yang aman
Gunakanlah sabun yang formulanya telah dibuat sesuai dengan usia bayi. Pastikan juga produk yang digunakan untuk merawat kulit bayi sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak mengandung pewarna, pewangi, alkohol serta bahan kimia lainnya yang dapat berbahaya bagi kulit bayi.


5. Berikan pelembab khusus bayi
Kulit bayi sangat rentan kering. Oleh karena itu, Moms harus tetap merawat kulit bayi agar kondisinya tetap lembab. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memakai pelembab khusus bayi setelah mandi. Gunakan pelembab sesering mungkin jika diperlukan, terutama jika cuaca panas dan udara lembab kering.


6. Lindungi bayi dari paparan sinar matahari
Penggunaan tabir surya tidak direkomendasikan untuk bayi dibawah usia 6 bulan karena belum terbukti aman untuk kulit bayi pada usia tersebut. Akan tetapi, jangan takut untuk membawa si kecil jalan-jalan keluar rumah pada siang hari ketika matahari sedang terik. Pastikan paparan sinar matahari tidak masuk langsung ke kulit bayi. Kecuali, untuk sinar matahari pagi, karena itu banyak manfaatnya bagi bayi.


Nah, Moms itulah tips merawat kulit bayi yang mimin lansir dari beberapa sumber yang bisa Moms lakukan dirumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi