Tips Menggunakan Oven Listrik dengan Baik

Untuk yang hobi memasak, kamu pasti punya beberapa peralatan dapur yang memakai energi listrik. Salah satunya adalah oven listrik. Oven listrik adalah oven yang menggunakan sumber daya energi listrik. Alat memasak yang satu ini sangat cocok untuk kue kering, cake, ayam, dan jenis masakan lainnya. Oven listrik dinilai praktis karena kita tidak perlu menjaga kestabilan panasnya.

Kegiatan memanggang kue atau berbagai jenis masakan menjadi lebih mudah jika menggunakan oven listrik. Selain lebih cepat, oven listrik juga dinilai aman dibanding oven gas. Nah, bagaimana cara menggunakan oven listrik agar lebih efisien dibandingkan oven gas? Yuk, ikuti tips-tips berikut ini!

Untuk Memanggang Kue Kering

  1. Panaskan oven sampai suhu 200 derajat celcius. Setelah itu, kamu bisa mengatur suhu low medium agar panas di dalam oven tetap stabil.
  2. Masukkan loyang berisi kue ke rak paling atas, lalu set timer dan suhunya sesuai dengan resep kue kering tersebut.
  3. Sambil menunggu matang kamu diperbolehkan untuk memindahkan loyang ke rak atas dan bawah secara bergantian.
  4. Setelah timer berhenti dan kue matang, segera angkat loyang dan matikan oven listrik.

 
Untuk Memanggang Cake

  1. Panaskan oven sampai suhu 200 derajat celcius. Setelah itu, kamu bisa mengatur suhu low medium agar panas di dalam oven tetap stabil.
  2. Letakkan loyang berisi adonan cake di rak bagian tengah pada oven listrik.
  3. Set timer dan mode pemanggangan, jika di oven kamu ada metode pemanggangan panas atas-bawah, maka pilih mode tersebut agar cake matang secara merata.
  4. Jangan membuka tutup oven meskipun hanya untuk sekeder mengecek. Namun, saat pertengahan memanggang kamu bisa memutar loyang agar cake matang merata.


Untuk Memanggang Ayam

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 232 derajat celcius selama 20 menit.
  2. Keluarkan rak yang tidak dipakai, karena saat memanggang ayam kamu hanya membutuhkan rak paling bawah atau rak dibagian tengah saja.
  3. Letakkan ayam di rak pemanggangan dalam posisi bagian dada ayam menghadap ke atas.
  4. Turunkan suhu oven manjadi 190 derajat celcius, lalu panggang ayam selama 60 - 90 menit atau tergantung ukuran ayam yang sedang dipanggang. Setelah matang keluarkan ayam dan biarkan sampai dingin sebelum kamu mulai memotongnya.

 

 Tips Membeli Oven Listrik

  1. Pilih oven dengan watt rendah.
  2. Tentukan kapasitas oven sesuai kebutuhan.
  3. Pilih fitur yang kamu butuhkan.

 

Itulah cara menggunakan oven listrik untuk berbagai jenis hidangan yang berbeda. Artikel ini mimin lansir dari bacaterus.com. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi