Tips Jitu Menaikkan Berat Badan Si Kecil

Sebagai orang tua, Moms pasti khawatir kalau anak terlalu kurus. Kalau sudah seperti ini, porsi makan pun ditambah agar berat badan anak ideal. Tapi ingat Moms jangan hanya porsinya saja yang ditambah. Perhatikan pula kandungan lemak dan protein, yang bisa menambah berat badan anak.

Ada beberapa penyebab mengapa anak susah makan sehingga berat badan kurang. Misalnya anak merasa ditekan untuk terus makan padahal mereka tidak suka dipaksa, hal seperti ini bisa menghilangkan nafsu makan mereka meskipun saatnya mereka makan. Di sisi lain, ketika anak terlalu banyak makan makanan ringan, hal itu membuat perut mereka terisi dan terasa kenyang padahal nutrisi dari makanan ringan kurang bagi tubuh Si Kecil. Penting untuk mengetahui berbagai kemungkinan mengapa anak susah makan.

Namun Moms jangan cemas, berikut mimn rangkum tips jitu menaikkan berat badan Si Kecil yang mimin lansir dari beberapa sumber.

 

1. Memberikan makanan bergizi
Hal pertama yang bisa Moms lakukan untuk membantu menaikkan berat badan Si Kecil adalah dengan aktif menyusui. Bila memungkinkan, Moms bisa menyusui Si Kecil setiap 2-3 jam sekali dengan durasi 20 menit.

Bila Si Kecil terlihat mengantuk atau berhenti menyusu sebelum 20 menit, Moms disarankan untuk mengganti posisi menyusui, membantunya untuk bersendawa terlebih dahulu, atau menggelitik kaki Si Kecil untuk membuatnya menyusu kembali.

 

2. Pilih makanan berkalori tinggi
Anak-anak berusia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kilokalori (Kkal) per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.400 Kkal per harinya. Jika Si Kecil sudah memenuhi kebutuhan kalori per harinya tapi tetap masih kurang berat badan, Moms bisa tambah asupan kalori sebesar 500 Kkal setiap hari. Menambah kalori sebesar tersebut dalam waktu 1 minggu bisa menambahkan 5 ons pada berat badan Si Kecil per minggunya. Makanan kalori tinggi yang sehat antara lain telur, pisang, alpukat, ayam, salmon, dan masih banyak lagi.

 

3. Tambah asupan lemak
Menambah asupan lemak sehat pada anak yang kekurangan berat badan bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan anak yang jitu. Kamu bisa sisipkan lemak tambahan ini pada makanan sehat Si Kecil. Misalkan, tambah keju leleh, saus krim, minyak zaitun, mentega, mayones pada pasta maupun sayur-sayuran. Moms juga bisa ganti campuran air pada oatmeal atau sereal dengan susu segar.

 

4. Membatasi minum saat makan
Membatasi jumlah minum pada saat makan bsa jai salah satu cara menambahkan berat badan anak. Karena, banyak minum pada saat makan bisa membuat anak cepat merasa kenyang, sehingga kebutuhan kalori harian pun tidak tercapai. Jika anak masih belajar menelan makanan, Moms bisa latih Si Kecil untuk mengunyah makanan perlahan sampai halus, daripada bantu dengan air.

 

5. Tidur cukup
Selain memperhatikan asupan dan pola makan, penting untuk menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat. Anak yang gemar beraktivitas banyak, bisa diseimbangkan dengan istirahat yang cukup pula. Aktivitas yang terlalu banyak tanpa istirahat bisa mengakibatkan penurunan berat badan pada anak. Jika memungkinkan, tidur siang sangat dianjurkan, bahkan wajib bagi balita.


Nah, itulah beberapa tips menaikkan berat badan Si Kecil yang bisa Moms coba dirumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Alpukat
    Alpukat 700gr
    15%
    Regular Price Rp 26.500 Special Price Rp 22.525
    Quickview
  2. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 28.350
    Quickview
  3. Ikan
    Ikan Salmon Fillet 200gr
    11%
    Regular Price Rp 80.000 Special Price Rp 71.750
    Quickview
  4. Greenfields
    Greenfields Keju Mozarella 200gr
    20%
    Regular Price Rp 52.450 Special Price Rp 42.450
    Quickview
  5. Hometown
    Hometown Fresh Milk 1l
    23%
    Regular Price Rp 36.900 Special Price Rp 28.450
    Quickview
  6. Ayam
    Ayam Broiler Utuh Per Ekor
    Rating:
    80%
    23%
    Regular Price Rp 40.500 Special Price Rp 31.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi