Tips Bikin Anak Suka Makan Ikan

Tidak hanya sayur, ikan menjadi salah satu menu makanan yang kurang diminati anak. Padahal ikan sangat baik dikonsumsi si kecil, sebab kaya akan berbagai zat gizi yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembang. Ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi. Selain itu, hewan yang hidup di air ini juga mengandung vitamin D, asam lemak omega-3 (DHA), yodium, taurin, selenium, dan beragam nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh anak selama masa tumbuh kembangnya.

Ada beberapa alasan yang umumnya membuat anak kurang suka makan ikan. Beberapa anak mungkin punya kecenderungan alergi ikan, sehingga lebih disarankan mengonsumsi sumber protein hewani lainnya. Ada juga anak yang menolak makan ikan karena kesulitan memisahkan duri ikan atau mengeluhkan aromanya yang amis.

Sebenarnya nggak sulit kok Moms, menyiapkan sajian ikan agar disukai anak. Berikut tipsnya yang bisa Moms ikuti dirumah :

1. Pastikan Ikan Masih Segar
Kesegaran ikan ini akan mempengaruhi rasa dan aromanya. Ikan yang segar umumnya mempunyai insang berwarna merah, matanya bening, sisiknya nggak rontok, dagingnya cukup kenyal ketika ditekan ringan, dan aromanya tidak menyengat.


2. Cermat Memilih Jenis Ikan
Hindari memberikan ikan yang banyak durinya karena duri yang tertelan bisa membuat anak enggan makan ikan kembali. Jadi pilih ikan yang tidak mengandung banyak duri seperti salmon, kakap, tenggiri, cakalang, tuna.


3. Hilangkan Bau Amisnya
Bila si kecil tidak suka aroma amis pada ikan, Moms bisa menyiasatinya dengan menambahkan bumbu dan jeruk lemon atau jeruk nipis pada olahan ikan. Bisa juga menggunakan bawang putih atau jahe yang dihaluskan. Setelah dibalur dengan bahan tersebut dan mendiamkannya beberapa saat, Moms bisa mencuci ikan dengan air mengalir, lalu di olah sesuai selera.


4. Olah Sedemikian Rupa
Agar anak suka makan ikan, Moms harus mengolah ikan sedemikian rupa sehingga anak menjadi lebih tertarik. Jika anak menyukai nugget, Moms bisa mengolah ikan menjadi nugget yang disukainya. Boleh juga ikan dibalur dengan tepung crispy dan bentuk menjadi bola-bola ikan supaya anak tertarik untuk mengonsumsinya. Kalau anak tidak mau makan ikan sebagai menu utamanya, Moms bisa kreasikan aneka masakan ikan menjadi cemilan lezat. Moms bisa bikin cilok ikan, pempek kulit ikan, dan lainnya. Jadi olah sekreatif mungkin ya Moms.


5. Libatkan Anak dan Berikan Contoh
Bila si kecil sudah cukup besar, cobalah mengajaknya saat membeli ikan. Dengan begitu, si kecil bisa memilih sendiri ikan jenis apa yang ingin ia makan. Moms juga bisa melibatkan si kecil dalam mengolah ikan yang nantinya akan dikonsumsi agar si kecil tertarik untuk mencoba makan ikan.


Nah, itulah tips agar si kecil suka makan ikan yang mimin lansir dari beberapa sumber. Semoga tipsnya bermanfaat!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Frozen
    Frozen Ikan Fillet Dori 1000gr
    10%
    Regular Price Rp 65.800 Special Price Rp 59.850
    Quickview
  2. Ikan
    Ikan Tongkol 300gr
    Rp 16.150
    Quickview
  3. Ikan
    Ikan Kerapu 250gr
    Rp 14.150
    Quickview
  4. Ikan
    Ikan Salmon Fillet 200gr
    11%
    Regular Price Rp 80.000 Special Price Rp 71.750
    Quickview
  5. Ikan
    Ikan Kembung 300gr
    15%
    Regular Price Rp 21.000 Special Price Rp 17.850
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi