7 Tips Teknik Memotong Sayuran Ala Chef

Memasak merupakan sebuah seni. Kamu dituntut untuk memperhatikan setiap detail, mulai dari proses pemilihan bahan makanan, peracikan, pengolahan, hingga penghidangan makanan. Salah satu hal dasar yang tak boleh kamu lewatkan ialah teknik memotong makanan. Bentuk potongan sayur yang ada pada masakan ternyata bukan asal potong. Selain disesuaikan dengan jenis makanan, tidak luput juga dari alasan keindahan.

Yuk, kenali 7 teknik potongan sayuran yang wajib diketahui untuk masakan yang berbeda-beda berikut ini :

1. Julienne
Biasa juga disebut sebagai bentuk korek api, potongan ini berukuran 3 mm x 3 mm x 5 cm. Biasa diterapkan pada wortel, paprika, kentang, lobak dan seledri. Untuk menu yang dimasak, potongan ini memungkinkan sayuran bisa matang dengan cepat dan merata dan bumbu meresap. Pada menu mentah, potongan julienne bisa jadi garnish salad karena potongannya yang ramping.

2. Macedoine/Dice
Bentuk kotak alias dadu yang sering dipakai untuk memotong sayuran yang akan dipakai dalam sup, untuk membuat kaldu atau untuk buah yang akan dimasukkan ke dalam salad. Ukuran macedoine yang standar adalah 6 mm x 6 mm x 6 mm.

3. Batonnet
Bisa disebut versi lebih besar dari julienne, dengan ukuran potongan 6 mm x 6 mm x 5-6 cm. Batonnet biasa dipakai untuk sayuran yang akan dimasak sebagai teman steak, seperti wortel dan kentang.

4. Brunoise
Nah, kalau ini versi lebih halus dari macedoine. Brunoise berangkat dari potongan julienne yang kemudian dipotong-potong kotak, tepatnya 3 mm x 3 mm x 3 mm. Brunoise cocok digunakan untuk memotong sayuran yang akan dijadikan isian seperti risol, pastel atau kroket.

5. Slice
Adalah bentuk irisan tipis yang bisa dibentuk bulat atau kotak. Ketebalannya variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Bentuk slice biasa digunakan untuk sayuran yang akan dimasukkan ke dalam sandwich atau yang dimasak bersama daging panggang.

6. Chopped
Potongan ekstra kecil yang biasa juga disebut bentuk cincangan. Digunakan untuk memotong bumbu yang akan ditumis (seperti bawang) atau dedaunan aromatik (seperti peterseli, basil atau rosemary).

7. Shred
Pernah makan rujak serut? Nah, potongan buah atau sayur dalam rujak serut memakai bentuk shred alias serutan atau parutan yang tipis dan panjang. Bentuknya yag cantik dalam salad bisa menggugah selera yang melihatnya. Dibutuhkan alat serutan khusus untuk membuat bentuk shred.


Itu dia beberapa jenis potongan sayuran yang perlu kamu ketahui dan kuasai. Dengan keseragaman dan penguasaan teknik yang tepat, kamu akan dapat menghasilkan hidangan yang estetik. Selain itu, akan berpengaruh pula pada proses dan tingkat kematangan memasak sayuran. Semoga bermanfaat !

 

 

 

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi