Resep Telok Pindang Makanan Khas HUT RI dari Palembang

Telok pindang atau telur bacem adalah makanan khas HUT RI yang sering dijumpai di Palembang. Setiap bulan Agustus, penjual telok pindang di Palembang selalu membludak. Awalnya makanan ini dihidangkan untuk memperingati ulang tahun ratu Belanda Wihelmina di masa kolonial. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya tradisi ini mulai bergeser. Telok pindang menjadi salah satu hidangan ikonik dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di Palembang.

Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari telok / telur pindang khas palembang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan yang fresh, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Berikut resep lengkap telok pindang khas palembang yang mimin lansir dari online.resepmu.art.

Bahan-bahan :
5 Butir telur ayam

1,5 sdm garam

50 gr asam jawa

15 lembar daun jambu

1 Genggam kulit bawang merah

Air secukupnya untuk merebus telur


Cara membuat :
1. Rebus telur sampai matang.

2. Ambil telur, lalu ketok-ketok kulit telur dengan punggung sendok, sampai retak merata. Air rebusan jangan di buang ya.

3. Tambahkan air rebusan, beri garam, asam jawa, kulit bawang merah dan daun jambu. Masak kembali telur dengan api kecil, sampai air menyusut sedikit, telur tetap terendam. Matikan api dan diamkan selama 10 jam.

4. Setelah 10 jam, masak kembali telur sampai air menyusut. Telur siap disajikan dengan lemang/ ketan, atau pendamping nasi tumpeng.

Makan telok pindang di Hari Kemerdekaan RI memberi pengalaman yang cukup mengesankan. Selamat mencoba !

 

 

CARI INSPIRASI MENU LAINNYA, KLIK DISINI!
  

 

Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi