Resep Nasi Kebuli Beras Hitam Kaya Rempah

Selain nasi merah, dikenal juga nasi hitam yang kini mulai populer. Beras hitam dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dikutip dari detikfood, nasi hitam bukanlah nasi putih yang dicampur dengan rumput laut atau tinta cumi, tetapi berasal dari beras hitam (bukan ketan hitam), salah satu jenis beras unggulan.
Beras hitam kaya akan antioksidan, mengandung nutrisi yang bisa mengontrol kolesterol dan gula darah, serta memiliki rasa gurih yang lezat dan tentunya menggugah selera. Karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, tidak sedikit orang yang mengganti beras putih dengan beras hitam sebagai makanan pokok. Mimin punya resep olahan beras hitam yang dapat kamu coba dirumah, yaitu Nasi Kebuli Beras Hitam. Seperti apa resep dan cara membuatnya simak berikut ini.

Bahan-bahan :
1,5 cup beras hitam (cuci bersih, lalu tiriskan)
3 butir telur ayam (rebus, lalu kupas)
2 buah kentang (rebus, lalu potong-potong)
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
9 buah cabe merah keriting
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/2 sdt pala
1/2 pala
Garam secukupnya
2 ruas jari kunyit
1/4 bawang bombai
1 jempol lengkuas
1 jempol jahe
2 kapulaga
1 ruas kayu manis
1 sdm bumbu kari instan
1 bungkus santan kental 65ml
Air (secukupnya)
Pelengkap : Irisan timun, tomat, jeruk nipis (optional/sesuai selera)

Cara membuat :
1. Siapkan bahan-bahan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe keriting. Lalu tumis bahan bumbu tersebut beserta bumbu lainnya hingga harum.
2. Tambahkan bumbu kari instan, santan kental dan air secukupnya.
3. Tambahkan garam, aduk rata koreksi rasa, dan matikan kompor.
4. Kuah bumbu tersebut kemudian bagi dua bagian, sebagian biarkan diwajan dan sebagian lagi tuang beserta bumbu pelengkap lainnya ke dalam panci lain.
5. Masukan beras hitam yang sudah dicuci, dan beri tambahan air sedikit lagi. Masak beras tersebut dengan api kecil hingga air menyusut.
6. Masukan adonan nasi ke dalam kukusan, kukus selama 25 menit sampai nasi matang. (Memasak dengan magic com juga bisa, hanya saja lebihkan air sedikit dari takaran air untuk membuat nasi biasa)
7. Panaskan kuah dalam wajan, masukkan telur rebus dan potongan kentang yang sudah direbus sebelumnya, masak hingga bumbu menyerap dan air menyusut, lalu sisihkan.
8. Siapkan piring nasi, tata nasi, kentang dan telur, beri tambahan pelengkap irisan timun, tomat, dan jeruk nipis. Sajikan, dan santap nasi kebuli beras hitam ini selagi hangat.

Itulah resep olahan nasi kebuli beras hitam yang sehat dan mudah dimasak. Menarik, bukan? Bagi kamu yang tertarik untuk membeli beras hitam berserta bahan-bahan seperti resep diatas, kamu bisa beli produknya di bawah ini! Selamat Mencoba!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi