Resep Ayam Pek Cam Ke (Hainan Chicken)

Hainan Chicken yang terkenal dengan sebutan pek cam ke yang memiliki arti ayam rebus ini merupakan salah satu hidangan yang sering muncul di meja makan saat perayaan malam menjelang Imlek alias Sacapmeh. Olahan resep ayam rebus pek cam ke ini sangat enak dan tentu saja sangat mudah cara membuatnya.

Untuk rasa yang lezat, pastikan gunakan ayam kampung Lingnan dengan kualitas daging yang baik dan segar agar daging mudah empuk saat di masak. Penasaran cara membuatnya? Yuk ikuti resep lengkapnya dibawah ini.

Bahan-bahan :
1 ekor ayam kampung lingnan
2 siung bawang putih cincang
2 ruas jahe diiris lembaran tipis
3 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
1/2 sdm saus tiram
2 lbr daun ketumbar

Cara membuat :
1. Bersihkan ayam. Korek bagian dalam perutnya sampai bersih. Buang darah di paru. Lumuri dengan sedikit jahe cincang dan bawang putih halus dicampur kecap asin. Biarkan selama 30 menit

2. Siapkan wadah untuk merebus. Didihkan air. Harus wadah yang cukup untuk merendam seluruh ayam. Siapkan juga wadah berisi air es.

3. Rebus ayam selama lebih kurang 15 menit. Beri sedikit irisan jahe dan bawang putih di air rebusan serta 1 sdm garam. Tutup panci.

4. Angkat ayam dan rendam di air es selama 1 menit. Masukkan lagi ke panci rebusan dan rebus lagi selama 10 menit. Keluarkan lagi dan rendam di air es lagi selama 1 menit. Lalu rendam 5 menit di air rebusan lagi. Setelah itu angkat dan tiriskan. Semua proses ini berguna agar ayam terasa lembut/juicy di dalam, tetapi kulit ayam terasa kenyal garing tidak lembek.

5. Buat saus : bawang putih dicincang halus dan jahe di iris lembaran. Tumis bawang putih dan jahe dengan minyak wijen sampai harum dan kuning. Beri sedikit air (5 sdm), beri 3 sdm kecap asin, saus tiram dan vetsin (sesuai selera). Didihkan. Kemudian sisihkan.

6. Potong-potong ayam. Sajikan di piring lalu disiram saus diatasnya. Beri garnis daun ketumbar. Sajikan

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dirumah dengan resep Hainan Chicken), semoga bermanfaat!

 

 

 

Temukan semua bahan-bahannya disini.

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Bawang Putih 250gr
    15%
    Regular Price Rp 10.850 Special Price Rp 9.250
    Quickview
  2. Yoa
    Jahe 200gr
    Rp 7.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi