Sejarah Menarik BBQ yang Patut Diketahui

Kata barbecue atau BBQ kerap dikaitkan dengan daging yang dibakar dengan lumuran saus. Namun, bagaimana ceritanya sehingga barbecue dikenal dan jadi populer hingga sekarang? Selain itu barbecue juga memilki sejarah menarik yang patut diketahui. Buat kamu yang belum tau sejarah tentang barbecue, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

1. Koboi
Ada satu cerita dimana pada tahun 1800-an banyak majikan-majikan para koboi tidak ingin memberi makanan yang enak pada para koboi. Majikan tersebut malah hanya memberikan bagian punggung saja pada para koboi. Namun, para koboi tidak pernah kehilangan akal. Mereka menemukan cara untuk menikmatinya, yaitu dengan memanggang dalam waktu lama dengan api kecil. Hasilnya, daging punggung atau brisket tersebut pun lezat dan teknik tersebut pun populer dengan nama barbecue.

 

2. Nama
Kata barbecue sendiri berasal dari bahasa Taino, bahasa suku Indian Karibia. Barbecue diambil dari kata barbacoa yang berarti memanggang di atas perapian kayu. Menurut Planet Barbecue, sejarah mencatat kata barbecue pertama kali muncul dalam catatan penjelajah Spanyol di Hindia Barat pada 1526. Pada saat itu, popularitas barbecue dengan daging babi dan sapi menyebar dengan cepat ke Eropa, Afrika, hingga Amerika Serikat.

 

3. Rekor
Bukan orang Amerika namanya jika tidak membuat rekor. Rekor barbecue pun berasal dari Texas dengan berat barbecue 8.000 pounds atau sekitar 3.600 kilogram. Uniknya lagi, barbecue raksasa ini dibuat bukan untuk dipamerkan, tapi untuk dijual. Barbecue ini pun akhirnya laku dengan harga USD 250.000 atau sekitar 4 miliar rupiah lebih.

 

4. Acara berkumpul
Barbecue tidak hanya merupakan cara memasak, tetapi juga sebuah acara di mana berkumpul untuk makan dan berpesta. Pada abad ke-20, barbecue diperkenalkan di restoran, sementara hari ini, barbecue di halaman belakang rumah telah menjadi cara yang bagus untuk berpesta. Pesta barbecue juga sering diadakan untuk merayakan malam perayaan tahun baru, atau perayaan-perayaan lain seperti pesta malam hallowen, pesta ulang tahun, malam imlek, dan lain-lain.

 

5. Tidak hanya berupa daging sapi
JIka dulu hidangan barbecue identik dengan daging babi atau sapi saja. tapi kini bahan-bahan makanan yang digunakan untuk barbecue cukup beragam. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk barbecue saat ini adalah, daging ayam, sosis, sayap ayam, jagung, ikan, sayuran, seafood, bakso, bahkan marshmallow.

 


Itulah sejarah menarik barbecue yang mimin rangkum dari berbagai sumber. Nah, jika kamu berminat untuk menggelar pesta Barbecue di rumah untuk malam Natal atau tahun baru nanti. Kamu bisa pilih berbagai paket BBQ-an di Yogya Online. Semoga bermanfaat !

Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
  1. Ayam
    Ayam Sukiyaki 400gr
    Rp 28.000
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi