Jenis Spatula dan Fungsinya Yang Wajib Diketahui

Spatula merupakan salah satu jenis alat masak yang wajib ada di dapur. Pasalnya aktivitas memasak tidak luput dari penggunaan spatula, salah satunya untuk membolak-balikkan makanan yang sedang dimasak agar matang merata. Spatula yang biasa disebut juga dengan nama lain seperti sutil, sodet, atau sudip adalah sendok masak yang membantu proses memasak di dapur jadi lebih mudah dan cepat. Spatula didesain dengan beragam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Pada umumnya, spatula terbuat dari tiga bahan utama, yaitu kayu, stainless steel, dan karet.

Nah, daripada bingung, kali ini kita akan mengupas tentang fungsi spatula berikut jenis-jenisnya. Ada 7 jenis spatula yang sebaiknya ada di dapurmu.

 

1 Spatula tipis dan lentur 

Spatula berbentuk tipis dari bahan silikon atau plastik yang lentur, ideal digunakan untuk mengaduk adonan cake, kue kering, pancake, dan lainnya. Teknik ‘aduk lipat’ yang sangat penting dalam pembuatan cake, menggunakan spatula jenis ini untuk mengaduk adonan dari bagian bawah lalu dilipat ke atas. Fungsi lainnya, spatula digunakan untuk membersihkan sisa-sisa adonan di dalam mangkuk pengaduk, menuang adonan dari mangkuk pengaduk ke dalam loyang, serta melepaskan kue kering atau cake dari loyang.


2. Spatula datar dan lebar

Spatula dari material plastik tahan panas (nylon) paling tepat digunakan pada wajan teflon karena tidak meninggalkan goresan. Untuk membuat dadar atau omelet, kamu memerlukan spatula yang permukaannya datar dan lebar agar lebih mudah saat membalik dadar. Jenis spatula ini ada yang berlubang, ada juga yang tidak. Lubang pada permukaan spatula membantu meniriskan minyak yang berlebih.


3. Spatula stainless steel, kokoh dipakai mengaduk dalam jumlah banyak

Spatula yang terbuat dari stainless steel adalah jenis yang paling umum digunakan, mulai dari dapur rumah tangga, kelas resto, hingga abang penjaja nasi goreng keliling. Spatula ini lebih awet dan kokoh dipakai mengaduk dalam jumlah banyak, seperti mengaduk nasi goreng, rendang, membantu membalik atau mengangkat hasil gorengan, hingga menuang masakan ke atas piring saji. Namun, kamu tidak boleh menggunakan spatula stainless di wajan berlapis teflon atau keramik, karena bisa membuat lapisannya terkelupas. Pilih pegangan spatula dari bahan yang tidak mengantarkan panas, seperti kayu, karet, atau silikon, agar nyaman saat digunakan.


4. Spatula untuk wajan besi (teppan)

Spatula berbentuk pipih dan lebar digunakan untuk memasak makanan Jepang di atas wajan besi datar, atau dikenal dengan istilah teppanyaki. Variasi yang dimasak umumnya berupa sayur-sayuran, daging, dan seafood. Spatula ini bisa berfungsi juga sebagai pisau, dipakai untuk memotong, mencacah, mencampur bumbu dan bahan, hingga membalikkan makanan yang sedang dimasak di atas wajan besi.


5. Spatula penyendok sayur untuk hidangan berkuah

Untuk hidangan berkuah, jenis spatula yang digunakan adalah yang berbentuk sendok. Fungsinya untuk sekalian menuangkan hidangan ke dalam mangkuk saji. Di pasaran, sendok sayur terbuat dari beberapa pilihan material. Mulai dari stainless steel hingga plastik tahan panas. Pilih yang bergagang panjang untuk memasak karena yang bergagang pendek digunakan untuk penyajian.


6. Sendok saring

Kamu yang suka menyantap shabu-shabu pasti tahu dengan alat masak ini. Bentuknya seperti sendok sayur, tetapi berlubang. Berguna untuk memudahkan kamu mengambil isi dari dalam hidangan berkuah banyak. Kalau kamu menggunakan sendok sayur biasa, kemungkinan kamu bisa mendapatkan kuahnya saja saat menyendok.


7. Sendok pasta

Alat masak ini khusus untuk mengambil pasta yang berbentuk mi panjang. Bentuknya yang bergerigi memudahkan kamu mengambil pasta supaya tidak licin dan jatuh kembali ke dalam panci. Sekaligus untuk menyaring dan meniriskan air rebusan pasta karena permukaan sendok ini juga berlubang-lubang.

 

Setelah mengetahui fungsi spatula dan macam-macam jenisnya, sudah lengkapkah spatula di dapurmu, Yolers? Jika belum, saatnya kamu melengkapi agar proses memasak dan membuat kue semakin efisien. Namun, pastikan kamu memilih spatula berbahan anti-panas agar spatula tidak cepat rusak bahkan meleleh. Pilih juga spatula yang sesuai dengan alat masakmu. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi