Fakta Unik: Susu Almond, Minuman Yang Sedang Hits Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Susu almond, minuman yang sedang hits ini dibuat dengan mencampurkan almond, air dan kemudian menyaring campurannya untuk menghilangkan padatannya. Teksturnya hampir sama seperti susu pada umumnya. Biasanya susu ini dipilih oleh orang yang alergi terhadap susu sapi atau orang yang sedang mengikuti pola makan vegan.

Sebagai alternatif pengganti susu sapi, susu almond mengandung nutrisi lengkap yang kaya akan vitamin E, kalsium, protein, vitamin B, dan serat. Keunggulan lain yang dimiliki susu ini adalah rendah kalori, vegan, bebas laktosa, serta bebas kolesterol sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Lalu untuk manfaatnya bagaimana? Berikut manfaat yang bisa didapat tubuh dari mengkonsumsi susu almond.

1. Gizi yang sama dengan susu pada umumnya
Susu almond mengandung vitamin E, vitamin D, kalsium, dan protein. Kandungannya mirip dengan susu biasa pada umumnya. Namun tubuh tidak menyerap beberapa mineral dalam susu almond seperti yang ada dalam susu. Karena almond mengandung asam fitat yaitu antinutrien yang mengurangi penyerapan zat besi, seng, dan magnesium. Oleh sebab itu, susu almond tidak cocok sebagai pengganti susu bayi.

2. Membantu menurunkan berat badan
Meski mengandung 50% lemak, susu almond adalah minuman rendah kalori. Inilah yang menyebabkan susu ini baik dikonsumsi bagi yang sedang diet. Satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori, yang merupakan setengah dari jumlah kalori dalam secangkir susu skim. Namun, tidak semua susu almond itu sama. Susu almond buatan sendiri dan merek tertentu mungkin mengandung jumlah kalori yang jauh lebih tinggi, tergantung pada berapa banyak almond yang dikandungnya per cangkir. Selain itu, beberapa produk mengandung gula tambahan. Jadi pastikan untuk memeriksa label nutrisi susu almond di kemasannya.

3. Mengurangi risiko diabetes
Banyak susu almond di pasaran sarat dengan tambahan gula. Sebaliknya, susu almond bebas gula adalah minuman rendah karbohidrat, yang terdiri dari kurang dari 2% karbohidrat, atau 3,43 gram karbohidrat dalam 1 cangkir. Karena itu susu almond tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok untuk pengidap diabetes, serta mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung
Ahli gizi percaya bahwa vitamin E dengan senyawa tanaman bioaktif termasuk polifenol, bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari kacang almond. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Meminumnya secara teratur dapat bermanfaat bagi jantung.

5. Memperkuat tulang
Kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Karena itu, asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko osteoporosis. Susu almond diperkaya dengan kalsium, menjadikannya sebagai sumber nutrisi yang baik. Konsumsi susu almond yang diperkaya dapat mengurangi risiko osteoporosis daripada yang tidak mengonsumsi produk susu.

6. Kaya akan antioksidan
Antioksidan adalah kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dapat membantu untuk menangkal radikal bebas serta membuang racun yang ada di dalam tubuh. Susu almond cukup tinggi antioksidan sehingga dapat membantu agar terhindar dari radikal bebas.

Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa pilih rekomendasi produk di bawah

Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi