Fakta Unik : Manfaat Biji Bunga Matahari Yang Belum Banyak Diketahui

Keberadaan tanaman bunga matahari kini mulai banyak bisa kita temukan di berbagai daerah Indonesia. Warna kuningnya yang cantik membuat bunga ini jadi lambang dari kesetiaan. Tidak hanya itu saja, bunga matahari pun memiliki fakta unik, diantaranya :


1. Tempat asal bunga matahari adalah Amerika Utara.
Pada awalnya tanaman ini adalah bunga asli Amerika Utara. Di wilayah asalnya bunga ini dimanfaatkan untuk olahan makanan, ekstrak minyak untuk kecantikan dan juga pengobatan.


2. Terdiri dari bunga-bunga kecil
Sebatang bunga matahari sekilas terlihat hanya memiliki satu bunga besar yang berdiri kokoh. Namun ketika diperjelas bunga ini terdiri dari bunga-bunga kecil yang berada pada bagian tengah. Bunga-bunga kecil ini adalah bagian reproduksi bunga matahari yang akan menghasilkan biji.


3.Punya perilaku unik bernama 'Heliotropik'
Perilaku ini membuat tanaman bergerak mengikuti arah matahari. Pada waktu pagi bunga akan mengarah ke timur sesuai sinar matahari terbit dan akan terus bergerak mengikuti arah sinar matahari hingga terbenam ke barat.


4. Biji bunga matahari dipanen secara unik
Selama masa panen tiba bunga matahari akan menghasilkan biji-biji yang akan menjadi calon tanaman baru dan ada dua yang untuk dikonsumsi, yaitu biji berminyak dan biji non berminyak. Uniknya biji bunga ini mudah sekali dipanen. Hanya dengan gerakan menggosok biji akan rontok dan terkumpul.


5. Bunga matahari tidak hanya berwarna kuning
Selama ini bunga matahari hanya diketahui berwarna kuning cerah yang jadi ciri khasnya. Secara tidak terduga ternyata bunga matahari punya warna lain selain kuning lho, yaitu berwarna merah dan ungu yang sangat cantik bila dirangkai ke dalam buket.

Selain memiliki keunikan, bunga matahari juga mengandung protein, karbohidrat, serat, serta lemak, mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamain E, B1, B3, B6, asam folat, magnesium, seng ,tembaga, fosfor, dan zat besi. Melihat banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika bunga matahari bisa mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan, diantaranya :
a. Mencegah peradangan
b. Menjaga kesehatan jantung
c. Menjaga kadar gula darah
d. Menjaga kesehatan pencernaan
e. Menjaga berat badan ideal
f. Perwatan kulit
g. Meningkatkan kesehatan otak
h. Memperkuat tulang dan otot

Melihat banyak manfaatnya yang bisa kita dapatkan maka tidak perlu ragu lagi untuk sering-sering ngemil biji bunga matahari. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Naraya
    Naraya Kuaci Matahari 220g_1c24p
    50%
    Regular Price Rp 26.550 Special Price Rp 13.275
    Quickview
  2. Naraya
    Naraya Kuaci Matahari 100g_1c48p
    50%
    Regular Price Rp 13.400 Special Price Rp 6.700
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi