Fakta Unik : Ikan Kakap Merah

Siapa sih yang tak kenal ikan kakap? Ikan yang terkenal dalam menu seafood ini juga dikenal dengan aneka ragam olahan. Selain memiliki rasa yang khas, ikan kakap merah juga memiliki fakta menarik, yaitu :

1. Ikan kakap merah dapat ditemukan di Sumatera Atlantik
2. Ikan kakap kaya akan kandungan selenium, Vitamin A, kalium dan asam lemak omega-3
3. Ikan kakap merah adalah salah satu ikan putih yang paling populer

Dibalik harganya yang mahal, ikan kakap merah juga termasuk ikan yang memiliki rasa enak dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat ikan kakap merah bagi kesehatan, yaitu :

1. Sumber Vitamin A
Manfaat vitamin A diantaranya adalah menjaga kesehatan indera penglihatan serta dapat menghaluskan kulit. Bentuk vitamin A dapat berupa betakaroten dan retinoid, dan keduanya ada pada kandungan daging ikan kakap merah.

2. Mencegah Terjadinya Tulang Keropos
Selain mengandung vitamin A, ikan kakap merah juga mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin E. Kalsium dan vitamin D berguna untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos. Sementara itu vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah.

3. Mengontrol Berat Badan
Ikan kakap merah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan rendah kalori. Satu porsi ikan kakap merah seberat 3 ons hanya mengandung 109 kalori, dan mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 22 gram protein, atau 44 persen dari kebutuhan nilai harian, berdasarkan diet 2.000 kalori. Protein yang cukup tinggi ini merupakan nutrisi yang lambat dicerna oleh tubuh dan dapat mengurangi rasa lapar.

4. Menjaga Antibodi Tubuh
Ikan kakap merah mengandung salah satu mikronutrien yang berguna bagi tubuh, dan mikronutrien tersebut adalah selenium. Fungsi dari selenium ialah menjaga antibodi pada tubuh, sehingga tubuh tidak gampang terinfeksi oleh penyakit.

5. Mendukung Fungsi Sel Darah Putih dan Kesehatan Tiroid
Satu porsi ikan kakap merah seberat 3,5 ons mengandung hampir 70 persen dari jumlah kebutuhan selenium harian untuk pria dan wanita dewasa yang mengikuti diet 2.000 kalori. Selenium berguna untuk mendukung fungsi sel darah putih dan menjaga agar kelenjar tiroid dapat bekerja dengan baik

Terlepas dari manfaat kesehatan yang potensial, ikan kakap dapat mengandung merkuri yang tidak aman jika dikonsumsi oleh wanita hamil dan anak kecil. Merkuri merupakan bahan berbahaya yang dapat mengkontaminasi makanan laut. Merkuri diketahui dapat mempengaruhi fungsi kognitif.

Untuk itu, wanita hamil harus menghindari spesies ikan tertentu, seperti kakap merah, yang mengandung merkuri lebih tinggi dari yang lain. Selain itu, agar aman makanlah ikan ini dalam jumlah yang sedang.

Itulah beberapa fakta unik dari ikan kakap merah. Selain banyak manfaat bagi kesehatan, ikan yang satu ini juga bisa dijadikan berbagai olahan yang sedap lho. Buat Yolers yang mau masak ikan kakap merah, nggak usah bingung harus cari kemana. Karena di Yogya Online sudah tersedia produknya.

Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
  1. Ikan
    Ikan Kakap Merah Besar 700gr
    15%
    Regular Price Rp 87.400 Special Price Rp 74.290
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi