Fakta Unik : Ampas Kopi Hitam

Nikmatnya secangkir kopi memang tidak bisa lagi dipungkiri. Baik kopi dengan campuran susu ataupun kopi hitam sederhana yang hanya ditambakan dengan gula. Bahkan bagi sebagian orang, kopi hitam yang sederhana ini lebih nikmat dibandingkan kopi dengan berbagai bahan campuran. Menyantap secangkir kopi hitam memang sering kali meninggalkan bekas atau ampas kopi yang mengendap di dasar cangkir.

Sisa kopi ini biasanya ditinggalkan begitu saja atau bahkan dibuang ketika gelas dicuci. Padahal ampas kopi ini menyimpan berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun manfaat lainnya. Bagi Yolers yang gemar minum kopi hitam dirumah, mulai sekarang jangan terburu-buru membuang atau membilas ampas kopi yang tersisa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat ampas kopi yang jarang diketahui.


1. Sebagai pengharum kulkas
Cukup dengan menaruh ampas kopi di gelas atau mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bau kulkas.


2. Membuat body scrub atau lulur tubuh
Kandungan di dalam kopi dipercaya bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati pada kulit.


3. Mencegah penuaan
Selain dimanfaatkan sebagai body scrub, ampas kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang dapat mencegah penuaan pada wajah. Cukup dengan oleskan ampas kopi pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.


4. Pewarna rambut
Mewarnai rambut dengan ampas kopi pastinya lebih aman, karena tidak mengandung bahan kimia. Meskipun tidak bertahan lama, tapi setidaknya bisa menghilangkan uban pada rambut.


5. Membuat empuk daging
Sifat asam dari kopi bekerja sebagai pelunak daging yang baik dan juga menambahkan cita rasa yang berbeda. Kopi mengandung asam dan enzim alami, yang membantu melunakkan daging dan menambahkan rasa yang indah dan kaya pada masakan daging. Cukup campurkan sisa kopi bubuk dengan rempah-rempah kemudian taburkan atau balur ke permukaan daging. Cara ini bisa membuat hidangan steak lebih kaya rasa nikmat!


6. Obat anti hama bagi tumbuhan
Ampas kopi yang mengandung bahan-bahan alami bisa digunakan untuk membasmi hama agar tidak menyerang tumbuhan kesayangan. Caranya cukup mudah, hanya perlu menaburkan ampas kopi di sekeliling tanaman dengan merata. Sudah terbukti efektif dan dapat digunakan pada berbagai jenis tumbuhan.

Demikian beberapa manfaat ampas kopi yang bisa di manfaatkan Yolers dirumah. Untuk pembelian kopi supaya kegiatan seduh kopi dirumah tetap lancar. Yogya Online menyediakan berbagai varian kopi yang bisa kamu dapatkan. Untuk produk-produknya kamu bisa langsung cek di bawah ini.

Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Aroma
    Aroma Arabika 250gr
    Rp 45.150
    Quickview
  2. Aroma
    Aroma Robusta 250 Gr
    Rp 32.450
    Quickview
  3. Excelso
    Excelso Pb Robusta Gold 200g_1c20p
    11%
    Regular Price Rp 33.450 Special Price Rp 29.900
    Quickview
  4. Kapal Api
    Kapal Api Sc Special Mix 10x25gr_1c12p
    8%
    Regular Price Rp 13.650 Special Price Rp 12.650
    Quickview
  5. Top
    Top Sc Kopi Gula 10x25g_1c12p
    9%
    Regular Price Rp 10.950 Special Price Rp 10.050
    Quickview
  6. Aik Cheong
    Aik Cheong Kopi O 200g_1c24p
    Rp 48.450
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi