Fakta Menarik Makan Yogurt saat Puasa Ramadhan

Yogurt merupakan minuman yang berbahan dasar susu, tetapi memiliki rasa asam. Rasa asam ini dihasilkan dari frementasi bakteri tertentu yang aman untuk kesehatan. Bakteri yang baik ini dapat membantu menjaga saluran pencernaan dan berfungsi sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh. Makan yogurt saat puasa dapat meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap makanan dan juga bisa mencegah sembelit.

Bila Yolers masih ragu untuk mengonsumsi yogurt saat buka puasa maupun sahur, berikut beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan, khususnya saat berpuasa :

1. Sebagai sumber protein
Hal ini karena dalam 200 gram yogurt terkandung protein cukup tinggi sebesar 12 gram. Protein ini penting dalam tubuh, khususnya saat puasa. Protein ini pun dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga Yolers akan merasa kenyang lebih lama. Jenis yogurt dengan kandungan tinggi proteinnya adalah Greek yogurt.

2. Kaya akan zat gizi mikro
Zat gizi mikro adalah berupa vitamin dan mineral. Senyawa ini disebut mikro karena dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh manusia. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, fungsinya sangat penting sehingga harus tetap ada. Zat mikro yang terkandung dalam susu fermentasi, yakni kalsium, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, magnesium, fosfor, kalium, dan sebagainya. Zat-zat ini penting untuk berbagai organ tubuh, seperti kesehatan tulang dan gigi, mengontrol tekanan darah, dan banyak lagi.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Salah satu manfaat dari makan yogurt saat buka puasa atau sahur adalah tubuh akan tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Namun, ada beberap tips yang perlu diperhatikan saat ingin menonsumsi yogurt khususnya saat puasa, antara lain:
1. Pilih yogurt rendah lemak
Pilihan terbaik adalah yogurt rendah lemak. Anda dapat memilih produk fermentasi susu yang mengandung lemak jenuh yang rendah, biasanya hal tersebut tertera dalam kemasan.

2. Tambahkan potongan buah
Untuk menambahkan manfaatnya, tambahkan potongan buah segar dalam yogurt. Buah mengandung serat yang dapat menambah energi sehingga baik untuk dikonsumsi, baik saat sahur maupun buka puasa.

3. Konsumsi dalam jumlah aman
Department of Agriculture di Amerika Serikat menyarankan batasan konsumsi yogurt dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari satu cangkir. Soalnya, dalam satu cangkir yogurt murni mengandung 73 kalori, sehingga jika mengonsumsinya melebihi takaran tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Sudah jelas bahwa konsumsi yogurt itu diperbolehkan baik waktu sahur maupun buka puasa dan jangan lupa ikuti juga tipsnya ya! Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Biokul
    Biokul Yoghurt Drink Plain 150ml
    35%
    Regular Price Rp 8.650 Special Price Rp 5.700
    Quickview
  2. Cimory
    Cimory Greek Style Yogurt Original 400ml C12
    18%
    Regular Price Rp 39.950 Special Price Rp 32.850
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi