Fakta Menarik Antiseptik Cair

Antiseptik cair merupakan produk pembunuh kuman yang bermanfaat. Selain terkenal digunakan untuk menjaga kebersihan tubuh, cairan antiseptik juga berguna untuk membersihkan lingkungan rumah dan tujuan medis.

Antiseptik adalah jenis dari disinfektan yang mampu membunuh atau menghambat perkembangan kuman pada jaringan hidup. Antiseptik juga dikenal dengan istilah disinfektan kulit. Akan tetapi, antiseptik tidak sama dengan disinfektan. Walaupun sama-sama berfungsi untuk melawan kuman, penggunaan disinfektan hanya untuk permukaan benda. karena kandungan biosida pada disinfektan lebih tinggi daripada yang ada di cairan antiseptik. Lalu, apa saja fungsi antiseptik cair selain untuk mandi?

 

1. Larutan untuk mencuci tangan
Keefektifan antiseptik dalam mencuci tangan bahkan turut digunakan dengan tujuan medis. Apabila kamu atau anggota keluarga sedang merawat seseorang dengan luka atau luka bakar, kamu dapat menggunakan cairan antiseptik sebelum merawat lukanya. Hal ini untuk meminimalisasi luka terkena infeksi jika disentuh tangan yang tidak steril. Cairan pembunuh kuman ini juga dapat digunakan sebagai disinfektan area tubuh yang akan dioperasi.

 

2. Melindungi tubuh dari kuman
Kuman dapat hidup di mana pun, seperti di tubuh, udara, makanan, tumbuhan, dan permukaan benda. Untungnya, manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang melindungi manusia dari kuman. Namun, terkadang kuman yang ada di sekitar tetap dapat menyerang tubuh dan menimbulkan gejala-gejala penyakit. Salah satu cara terbaik dalam melindungi tubuh dari kuman adalah dengan menggunakan antiseptik. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh merupakan cara mudah untuk menjauhkan diri dari penyakit. Untuk membersihkan permukaan benda mati, kamu dapat menggunakan cairan antiseptik.

 

3. Menyembuhkan luka ringan dengan cepat
Menurut DermNet NZ, penggunaan antiseptik dapat mengobati luka dan luka bakar ringan yang telah terinfeksi. Dengan begitu, antiseptik dapat digunakan pada kulit yang terluka akibat lecet, gigitan sengatan serangga dan luka bakar ringan. Fungsi antiseptik cair dapat meminimalisir risiko infeksi. Pastikan jenis antiseptik yang digunakan sesuai dengan tujuan atau petunjuk penggunaan.

 

4. Membunuh kuman dari pakaian kotor
Sebagai jenis dari disinfektan, yang merupakan cairan untuk membunuh kuman penyakit, antiseptik cair dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Langkah ekstra dalam mencuci pakaian kotor adalah dengan mencampurkan antiseptik cair pada air yang digunakan untuk mencuci pakaian. Produk antiseptik mengandung bahan kimia yang diambil dari halofenol kerap ditemukan pada jenis antiseptik yang dapat digunakan untuk membunuh kuman pada permukaan benda.

 

5. Membersihkan lantai
Produk antiseptik yang kamu punya juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai di rumah. Menggunakan antiseptik cair untuk membersihkan permukaan lantai rumah memberikan perlindungan tambahan bagi kamu dan keluarga. Kandungan yang terdapat di antiseptik dapat membunuh kuman di lantai.

 

Cairan antiseptik telah terbukti efektif dalam melawan kuman. Sebelum menggunakannya, perhatikan petunjuk penggunaan untuk memastikan fungsi antiseptik cair yang dimiliki kamu. Pastikan antiseptik yang digunakan cocok dengan tujuan pemakaian. Nah itulah beberapa fakta tentang antiseptik cair yang mimin lansir dari hellosehat.com. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi