DIY Berkebun Dengan Sisa Sayuran Di Dapur

Apa yang bisa kamu lakukukan dengan sisa sayuran setelah memasak? Kamu buang begitu saja? Wah sayang sekali. Beberapa sisa sayuran itu bisa ditanam kembali lho. Dan nantinya tumbuh hingga bisa kamu panen lagi hasilnya. Mau tau sisa sayuran apa saja dan bagaimana caranya? Yuk, simak dibawah ini.

1. Seledri
Kamu bisa menumbuhkan kembali seledri dengan memotong dasar batangnya. Pilih batang seledri yang tebal. Kemudian tempatkan dalam semangkuk air di tempat yang cerah. Jangan sampai seluruh batang tenggelam. Daun baru akan mulai tumbuh dan menebal setelah 7 hari. Kemudian, pindahkan seledri ke dalam pot berisi tanah.

2. Pok Choy
Potong pangkal batang pok choy dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk. Ganti air setiap minggu. Dalam seminggu, tunas daun akan tumbuh dari bagian tengah pangkal batang. Pindahkan ke pot berisi tanah, kemudian siram secara rutin. Pok choy bisa dipanen utuh setelah lima bulan.

3. Daun Bawang Putih
Daun bawang putih juga bisa disantap. Bisa digunakan sebagai pengganti daun kucai pada masakan tradisional. Letakkan bawang putih pada gelas yang sudah diisi sedikit air. Letakkan bagian pangkal di bawah. Dalam waktu beberapa hari tunas daun akan tumbuh. Pindahkan ke tanah yang subur agar bisa tumbuh dengan leluasa.

4. Sawi Putih
Kita bisa menanam sawi putih dengan metode yang sama seperti pok choy. Potong pangkal batang dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk dan biarkan sampai daun baru bertunas.

5. Jahe
Untuk menanam jahe, rendam jahemu semalaman di dalam air. Lalu potong-potong jadi beberapa bagian yang agak tebal. Pastikan ada beberapa ruas yang menonjol di dalam satu potong potongan jahe yang kamu punya. Tanam jahe dan pastikan bagian ruas yang menonjol menghadap ke atas atau samping, pokoknya jangan menghadap ke bawah! Sirami dengan rutin, karena jahe suka tinggal di lingkungan yang lembap. Jahe akan tumbuh dalam beberapa bulan.

6. Cabai
Kumpulkan saja seluruh biji tidak termasak dan tanam di dalam pot berisi tanah yang sudah diberi pupuk. Letakkan pot itu di bawah matahari secara langsung. Tumbuhan cabai biasanya tumbuh cepat dan tidak memerlukan banyak perhatian. Kalau satu pohon cabai mati, tanam saja lagi dari sisa bijinya!

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa kamu tanam sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Bawang Putih 250gr
    Rp 10.850
    Quickview
  2. Greenfield
    Greenfield Pakcoy Baby 250gr
    Rp 10.750
    Quickview
  3. Sayur
    Baby Pakcoy 200gr
    15%
    Regular Price Rp 6.950 Special Price Rp 5.908
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi